Kedai Teh Lao Sher ♥ so vintage and notch! (Kuliner di Malaysia)

Jalan-jalan ke Penang serasa belum lengkap bagi pecinta teh China kalo belum mampir ke Kedai Teh. Di Penang ada beberapa tempat yg memang dikhususkan untuk menikmati teh (disebut Kedai Teh) dengan cara yang “benar”, salah satunya adalah Kedai Teh Lao Sher.

Pertama kali turun dari mobil dan melihat kedai teh ini, aku langsung jatuh cinta dengan “kekunoan” bangunannya.  It’s vintage! ♥ vintage.

Kakiku terus melangkah memasuki kedai teh tersebut, dan segera saja kami disambut dengan AC yang menghapuskan teriknya matahari saat itu. Dan sekali lagi….aku terpana…hahaha..aku sukaaaa banget ama tempat ini. Pemilihan warna cat untuk temboknya, pemilihan furniture yang klasik, lukisan dan tulisan2 cina, pencahayaan yang mendukung membuat aku betah duduk berlama-lama disitu.

Tak lama ladyboss aka pemilik kedai pun mendatangi kami, berbincang2 sejenak dengan temanku yang memang pelanggan di kedai teh tersebut dan tak lama mengeluarkan sebuah toples berisi teh bertuliskan nama temanku di atas toplesnya. UNIK. hahaha…

Ini pertama kalinya dalam hidupku menemui hal seperti itu. Jadi ada 2 cara untuk menikmati teh di kedai ini. Yang pertama, biasanya para pelanggan akan membeli 1 toples daun teh favorit mereka untuk disimpankan oleh pemilik kedai, sehingga setiap saat mereka datang ke kedai ini, maka pemilik akan dengan segera mengenali pelanggan itu dan mengeluarkan toples teh milik si pelanggan. Tapi jangan khawatir, apabila kita datang sebagai pengunjung tidak tetap, maka kedai teh ini pun tetap melayani “eceran”. Dan buat aku two thumbs up untuk si pengelola kedai. Dia bisa langsung ingat nama pelanggannya dan langsung mengeluarkan teh favorit pelanggan tanpa perlu bertanya-tanya “nama anda siapa?”. Padahal pelanggan mereka juga tidak sedikit! Coba intip tempat penyimpanan teh mereka di bawah ini. Itu “gudang” kecil mereka.

ALAT-ALAT YANG DIBUTUHKAN UNTUK MINUM TEH TRADISIONAL ALA CHINA

Nahhh…tak lama kemudian, pelayan datang membawa baki kecil berisi 1 poci kecil dari tanah liat, 1 saringan, 1 cawan untuk meletakkan saringan yang tak terpakai, 4 cawan kecil.

Selain seperangkat alat diatas, maka disisi meja kami, si pelayan meletakkan 1 teko berisi air panas dengan tungku kecil untuk menjaga suhu air tersebut.

Tak lupa juga disediakan juga spatula yang gunanya adalah untuk mengambil teh dari toplesnya, dan apabila ada daun-daun teh yang nyangkut di ujung poci nya. 🙂

Oya, tentu saja, tidak lupa TEH nya sendiri. hehehe…teh di bawah ini adalah teh favorit temanku. Teh ini diproduksi sendiri.

PROSES PENYEDUHAN DAN PENYAJIAN TEH

Ok. Setelah semua alatnya terkumpul maka yang dilakukan pertama kali adalah:

  1. Tuangkan air panas ke dalam poci. Tuangkan air tersebut sampai habis ke dalam cawan-cawan yang telah disediakan. Kemudian buang airnya ke dalam baki. Oya, baki diatas kalo kamu perhatikan, ada lubang-lubangnya dan memiliki ketebalan tertentu. Lubang-lubang ini memang disediakan untuk keperluan ini. 🙂
  2. Ulangi proses tersebut diatas 3-5 kali. Hal ini dilakukan untuk mensterilkan poci dan cawan-cawannya.
  3. Ambil daun teh secukupnya dengan menggunakan spatula, masukkan ke dalam poci kemudian tuangkan air panas ke dalamnya.
  4. Tunggu beberapa menit sampai air berubah warna menjadi kecoklat-coklatan.
  5. Tuang ke cawan dengan menggunakan saringan yang telah disediakan supaya tidak ada daun teh yang turut keluar.
  6. Dan hmmmm…teh yang wangi dan sehat siap dinikmat. Untuk tahu lebih banyak tentang manfaat teh,klik disini

Oya, selain teh, Kedai ini juga menyediakan beberapa menu untuk menemani minum teh. Karena kami baru saja selesai makan siang, maka akhirnya kami memutuskan untuk memesan 2 menu ringan sekedar mengganjal perut saja 😀

Tahu goreng yang aku lupa namanya, tapi yang jelas…enakkkkk bangetttt  ♥ ♥ ♥….tekstur tahunya, lembut banget, belum lagi bumbu nya…bener-bener ndak nyangka, tapi emang top banget ini tahu…

Trus, menu yang kedua ini juga ga kalah istimewa. *dan sekali lagi, maafkan kekilafanku yang tidak bisa menghafal nama menu*. Yang jelas, krispi banget …enakk banget.. Oya, dan kalian lihat ada sepiring salad kecil di sebelah kiri. Wuw..rasanya FRESH banget…sip dah…

Puas dengan teh dan menu makanannya, kami melanjutkan perjalanan kami ke tujuan  berikutnya. Sampai jumpa di wisata berikutnya 🙂 Keep updated!

Kedai Teh Lao Sher, Burma Road, George Town, Penang – Malaysia

Pengalaman dan dokumentasi oleh Sophia Novita Angkadjaja

Booking Hotel di Malaysia, Klik Disini.




3 comments

  • Hehehehehe…emak nung,sambil ngobrol sambil makan camilan..trus,kesane klasik ala cina gitu hahahaha..sempet diajak ke 1 tmpt lg.bangunan ama interior e bagus jg.tp teh e teh celup.hahaha.ity lbh ke snack n dessert sih…
    Nti kapan lek ada waktu ke penang,mampiro..
    Hoho

    Gbu

  • helo sofi….ada cerita lg ga ttg penang?saya taun dpn mau ksn nih…butuh info….siapa tau dgn cerita sofi bisa ada ide….tengkyu yah….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: