Review Kuliner Sop (Buntut, Iga, Sumsum, Daging) di Jakarta

March 6th, 2010 by · No Comments

Nah dibawah ini adalah review singkat beberapa sop buntut di Jakarta yang belum sempet aku review secara panjang lebar. Tapi, semoga bermanfaat yach : (untuk artikel lain tentang sop buntut bisa di search di wisataseru)

Sop buntut cut mutia. Jl.Menteng Kecil I Jakarta Pusat. 021 3924213

Niiii daging buntutnya, walaaaah empuuuuuk setengah jaman. Dagingnya masih kemerah – merahan gitu, tampilan yang segar … begitu digigit sari pati daging itu langsung melekat erat dilidah … apalagi dagingnya gendut gendut, jadinya guriiiih kres kres enak banget. Rekomendasi banget deee sop buntut yang satu ini. Meski warungnya keciiiil begini bahkan persisnya mepet tembok sebelah, banyak menteri yang langganan di sini looo, tapi aku lupa sapa aja. Yaaa meski aku kurang setuju dengan standart kuahnya yang menurutku terlalu asin. Tapiiii ini bukan masalah, karena dagingnya ueeenak dan begitu kuahnya di sepyur ke nasi yang tentunya tawar, jadi enggak terlalu asin kok…. Mantaaaab. Um, lupa kalau gak salah harganya 23 ribuan seporsi.

Dapur Buntut. Jl. KH. Abdullah Syafei No 50D. 021 8310 555

Naaaa ini buat yang suka tantangan, boleh banget dicoba. Dan kalau denger nama caramel, jangan dibayangkan anda akan memakan sesuatu yang teramat manis, karena caramel nya justru berasa pedas, yuuuuk mari, pedas lada hitam. Jadi kalau makan buntut yang satu ini kayak lagi makan steak. Dagingnya empuuuuuk, apalagi kalau anda pesen yang tulang lunak. Waaaa ini beneran aku gak bohong, tulangnya bener bener bisa dimakan. Waktu makan itu, mangkukku bener bener bersih, karena kuahnya juga lumayan enak buat diseruput gitu aja. Harga sekitar 23 ribuan juga.

RUMAH MAKAN BERKAH MPOK ATIK. Jl. Jeruk purut no 22 – Jakarta selatan. Samping gedung ratu prabu TB Simatupang ragunan. 021 781 5652

Waaaa penggila sop daging, harus kesini. Uuuueeenak gila. Okenya lagi, mpok atik ini memasak sama sekali enggak pake msg, jadi sehat gitu deee ceritanya. Buat aku, aku suka makan disini karena dagingnya jumbo gila, empuk edan, gurih asik dan kuahnya bikin badan jadi seger!!!! Kaldu sapinya itu looo gak nahan… ringan yang membuat aku selalu menyeruput kuahnya sampe mangkuk bersih. Dagingnya juga warnanya masih seger gitu masih kemerah – merahan. Oya, kalau kesini jangan pas makan siang deeee… rame banget, apalagi kalau habis sholat jumat (lokasinya disebelah masjid gedung ratu prabu situ) waduuuuuu bisa ngantri…. Tapi meski ngatri, gak terlalu lama sih, karena selain pelayanan cepet, orang orang yang makan mayoritas adalah pekerja yang kudu balik karena pekerjaan udah menanti di kantor.

SOP DAN SATE KIM TEK. Jl arteri kelapa dua no 64H Jakarta barat. Andi 0816 166 1864 – 021 680 89 175. Buka jam 11.00 – malam

Ini dia sate langganannya trah cendana, khususnya pak bambang tri dan mbak mayang sari kalau ke Jakarta. Pilihannya beragam banget euy. Semua bagian kambing dijadikan sate disini. Ada sate torpedo, usus bahkan sate buntut kambing… wadoooow …  Waktu itu aku nyobain, edaaaan … satenya enak banget. Baru kali ini saya makan sate sampe mabok. (mabok beneran, kepala pusing sampe ngeliat benda itu ada dua semuanya, demikian juga dengan ke 3 kawannya lainnya yang juga ikut makan). Siiiip…  Wallllaaaah kita pada celeng too … sampe sampe kawan aku yang tukang ngeganja bilang “aduuuu ini lebih oke dari cimeng … gileee pusing banget” (untung sekarang dia udah gak nyimeng lagi, mungkin udah ketemu sama yang lebih dahyat kali yach hahaa peace peace).

Luar biasa… begini yach kalau makan kambing yang bener bener berkualitas dan pilihan, dikit aja, langsung celeeeng…. Tapi ueeeenak… kuah sopnya juga sueger … seger bin mantab, penyuka kambing tampaknya mesti kemari. yaaa kalau gak enak mana bisa jadi langganan orang orang gede termasuk pak bambang tri toooo???

Pengalaman di tulis oleh Catur Guna Yuyun Angkadjaja

 
 

Categories: Kuliner Jakarta · Wisata Kuliner

0 responses so far ↓

  • There are no comments yet...Kick things off by filling out the form below.

Leave a Comment