Bunga Rampai, Menyajikan Nikmatnya Masakan Tradisional Indonesia Taraf Internasional

Inilah ruangan pertama yang akan kita jumpai begitu masuk Bunga Rampai

Bunga Rampai, artinya suatu rangkaian bunga tradisional yang disusun khusus untuk acara perayaan. Atau bisa disebut juga pusparagam atau warna sari. Intinya, warna-warni.

Sesuai namanya, Bunga Rampai (rangkaian bunga warna warni yang tersusun untuk sebuah perayaan), rumah makan ini menyajikan beragam menu dari seluruh Nusantara . Tapi tentunya dengan tampilan yang jauuh berbeda dari makanan tradisional yang kita kenal pada umumnya.

Misalnya, untuk menu otak otak. Yang kita tau, otak otak itu adalah sejenis makanan yang terbuat dari ikan tenggiri yang kemudian dibalut dengan daun pisang lalu dibakar dan dicocol dengan sambal kacang atau kalau di Bangka bisa juga dicocol dengan sambal tauco. Nah kalau disini enggak. Otak otaknya bernama Otak otak tangkai tebu. Hm, dari namanya udah kebayang ya, ini pasti pakai tangkai dari batang tebu yang manis itu. Dan otak otaknya sendiri? Ternyata tetap terbuat dari tenggiri dengan dibumbu semacam otak otak tradisional namun diberi tepung yang hasilnya ketika digigit akan memberikan sensasi gurih luar biasa. Enaaaak sekali.

Atas: Nasi Buketan, Bawah kiri: Otak Otak Tangkai Tebu

aneka spot di Bunga Rampai yang bisa dibuat Narsis

Lalu juga ada Nasi Buketan. Nah loh bingung lagi. Pasti pikiran pertama yang muncul adalah makanan yang terbuat dari ketan. Yup, salah semua. Menurut saya ini adalah semacam nasi rames namun menggunakan nasi hijau. Hijaunya sendiri didapat dari daun pandan dan daun suji. So, terus terang nasinya ini wangi dan gurih. Kemudian nasi ini dikelilingi oleh tempe kering, ayam kremes dan sayur sayur segar… rasanya? Astagaaa, ayamnya pakai ayam kampung, jadi lembut dan gurih. Selain itu bumbu asinnya juga pas. Dan diatas segalanya saya sangat memuja kering tempenya yang mantab sampai susah diceritakan. Enak sekali. Gurih, manis, asin, sedikit pedas bercampur jadi satu paduan yang ngangeni.

Nah, dilain waktu saya pun sempat memesan Putik Sari Dua Rasa, yaitu ikan dan ayam dicampur dengan saus mangga dan daun kecombrang. Enak banget. Wangi kecombrang dan segarnya saus mangga hm … nyuuumy … untuk harga, sekitar 45 ribu hingga 95 ribu perporsi … terkesan mahal ya, maklum ini adalah resto Fine Dinning. Dimana kalau kita datang kemarin pun sebaiknya bukan dalam posisi buru buru. Karena biasanya orang datang ke resto Fine Dinning bukan hanya saja ingin menikmati rasa masakan sang koki professional, tapi juga menikmati suasana.

spot lainnya di Bunga Rampai

Dimana, disini ruangannya benar benar nyaman, tenang dan bagus banget buat foto foto (xixixixi narsis seperti saya). Disini, ruangan terbagi bagi menjadi beberapa bagian. Beberapa diantaranya merupakan private room dan beberapa bagian lagi merupakan tempat makan untuk area perokok dan bukan perokok. Disisi lain, terdapat ruang yang benar benar seperti sedang berada di rumah, terdapat sofa empuk, majalah, lemari dan hiasan yang biasanya benar benar di letakkan di ruang tamu sebuah rumah.

Oya bangunan Bunga Rampai sendiri merupakan gedung cagar budaya dengan nuansa rumah zaman kolonial Belanda. Hebatnya hampir tiap sudut bangunan ini masih terlihat kokoh dan sangat terjaga dan terawat. Bunga Rampai sendiri merupakan tempat makan para pengusaha kelas kakap dan para petinggi negara. Namun, um, manusia biasa seperti saya juga banyak kok yang makan disini, jadi mumpung bisa kesini, saya selalu memanfaatkan setiap spot untuk narsis hihihi …. Hm … pokoknya kalau punya waktu dan ingin menikmati suasana santai dengan masakan yang buat saya 2 kali kedatangan selalu puas dan enaaak, Bunga Rampai bisa diandalkan.

Di tulis oleh Catur Guna Yuyun Angkadjaja / [email protected]

Informasi Restaurant

Nama Bunga Rampai
Alamat Jl. Cik Di Tiro No.35. Menteng, Jakarta Pusat
Telephone 021-31926225
Jam Buka 11 AM – 11 PM
Jenis Masakan Masakan Nusatara
Harga Rp. 75.000 – Rp. 175.000,-
Tipe Fine Dinning
Suasana Klasik, Rumah Kuno, Unik dan Homy
Merokok Area Merokok dan Area tidak merokok
Busana Resmi – Rapi
Lain – lain No MSG; Cocok untuk membawa tamu penting/ tamu negara/ bisnis dan keluarga

 

 




%d bloggers like this: