Berburu Lumba Lumba di Pantai Lovina Bali

Berangkat subuh subuh untuk berburu lumba lumba

Berburu lumba lumba di pantai Lovina… wow … terdengar seru banget ya … bayangan pertama, pasti pria pria hitam berotot sedang membawa tombak dengan wajah celingak celinguk mencari keberadaan lumba lumba … dan setelah tombak menembus daging empuk, si lumba, suara erangan panjang pun akan terdengar menyayat hati …

Ow… ow … ow … bukan bukan itu yang terjadi di pantai Lovina. Boro boro pake tombak ya, nangkep lumba pakai jaring aja disini nggak boleh. Terus? Diburu pake apaan tuh lumba? Pake kameraaaa!!! Hahahaaa … yoi … jadi buat yang suka wisata seru, tampaknya wisata berburu lumba lumba di pantai lovina ini akan menjadi wisata yang menyenangkan.

Tapi jangan dibayangkan lumba lumba akan dengan mudah dicari … bahkan jika anda sangat tidak beruntung, 1 ekor lumba pun tidak akan terlihat … tapi kebanyakan sih keliatan… ya semua ini tentu karena pantai lovina bukanlah tempat penangkaran, namun merupakan lautan bebas …

Lumba lumba liar di Pantai Lovina

Waktu kesana sih, saya termasuk cukup beruntung karena bisa melihat segerombolan lumba lumba sekitar 15 lumba lumba yang berenang dengan lincahnya dan melompat lompat di laut dengan riangnya. Bahkan sesekali si lumba liar ini menampilkan lompatan yang disertai putaran badan … seruuu dah …

Untuk bisa melihat pemandangan lumba lumba liar ini, kita mesti bangun dan berangkat ke pantai subuh subuh alias ketika matahari masih memerah. Jaraknya pun sekitar 50 meter dari bibir pantai. Di jamin pula anda tak akan merasa kesepian, karena banyak sekali turis mancanegara (hahaha lovina ini jarang banget turis lokal, kebanyakan manca semua) yang juga berburu lumba lumba, biasanya terdapat 50 hingga ratusan perahu ber-huting lumba lumba.

Puluhan kapal sudah siap berburu Lumba

Eeee??? Gimana caranya dapat perahu? Tinggal pergi ke pantai lovina aja disana ada banyak operator perahu yang perahunya memang digunakan hanya untuk berburu lumba lumba. Atau kalau nggak mau repot, biasanya hotel di Lovina juga bisa menfasilitasi untuk menuju kesana. Biayanya sekitar 75 ribu untuk wisatawan domestik.

Penginapan di Lovina

Nah, Lovina sendiri terletak di Bali Utara atau tepatnya di Buleleng. Cukup jauh ya dari Kuta Bali. Sekitar 2 jam perjalanan. Tapi, kalau anda sudah sampai disini, anda bisa mendapatkan hotel yang cukup unik. Namanya Melka Hotel. Melka tempat saya menginap ini merupakan kolaborasi antara hotel dengan kebun binatang mini.

Antri bermain lumba lumba

Di dalamnya ada wallaby, buaya, merak, monyet, rusa, ular, taman kupu kupu dan bahkan atraksi lumba lumba dan sirkus seperti di pasar malam yang menghadirkan burung kakak tua dan bajing. Ya ya ya… omong omong soal lumba lumba, nggak cuma ada atraksi seperti di sirkus gitu, tapi anda juga bisa langsung bermain berinteraksi dengan si lumba lumba.

Ini sungguh pengalaman yang seru. Berenang bersama lumba lumba, dimana lumba lumba akan mempermainkan tubuh kita wakakkakaa… tubuh kita akan ditarik kesana kemari, di putar putar, ditenggelamkan dan diangkat kembali. Lalu tubuh kita diciumi oleh lumba lumba… wah pokoknya bermain selama 20 menit yang cukup membuat kita mendapatkan pengalamanan yang tak akan terlupakan. Ya, meski agak mahal sih untuk bisa bermain dengan lumba lumba ini, sekitar 50 US untuk 20 menit bermain bersama lumba. Tapi, sesekali mumpung sudah sampai lovina, gak papa lah.

dipermainkan lumba lumba waakkaka

Oya, mahal mahal begitu, tapi untuk bermain dengan si lumba, anda harus antri lo. Waktu itu saya mendapat antrian ke 7. Dan jika sedang ramai, Melka hanya membatasi maksimal 60 orang perhari. Ya ya ya… karena kadang serombongan turis tiba tiba jumlahnya bisa mencapai ratusan orang dan semua ingin bermain dengan lumba.

Melka Excelsior Hotel. Jl. Raya Kalibukbuk – Lovina Bali. 0362 41552




%d bloggers like this: