Aneka Makanan Jadul di Pasar Cikini

Jajanan cikini

Lagi di kawasan Cikini, terus bingung nih, “Mau makan apa ya?” … nggak usah pakai mikir dua kali, langsung aja deh menuju ke Pasar Cikini. Disana ada Es Durian yang bakal bikin klepek klepek enaknya, ada Gudeg Bu Hardjo sebuah gudeg kering yang legendaris di kawasan Cikini dan aneka toko kue yang menjual aneka jajanan kuno. Oya, hampir semua toko dan tempat makan disini termasuk si durian dan gudeg, sudah buka sejak tahun 60an lo …

Untuk es duriannya, begitu masuk di sebelah kanan parkiran pasar, anda akan langsung ketemu sama warung es durian. Waaah, ini seger banget … duriannya menggunakan percampuran antara montong yang banyak dagingnya dan durian lokal yang aromanya sangat menggigit. Lalu diberi campuran sirup dan susu yang merupakan racikan rahasia resep keluarga. Tapi, untuk bisa menikmati kelezatan es durian ini lebih baik anda menyiapkan uang lebih, karena harganya lumayan, pergelasnya kalau gak salah 17 ribu atau 19 ribu ya lupa hehehe … Um, … lumayan mahal sih ya untuk ukuran segelas dengan durian yang tergolong sedikit isinya… tapi, jangan menyesal dulu, karena begitu masuk mulut dan melewati tenggorokan, rasa enaknya dijamin bikin anda pengen datang dan menikmati es durian cikini ini lagi.Enaaak banget.

Nah, untuk gudeg Bu Hardjo sendiri. Disini ada pilihan, mau ayam kampung atau ayam biasa untuk lauknya? Rasanya enak, dan kalau siang, ngantri. Yang ngantri, pakaiannya keren keren dan dari aroma tubuhnya sih orang berduit semua… ya gimana gak berduit? harga gudegnya aja seporsi Rp. 35.ooo untuk gudeg komplit ayam kampung dan Rp. 30.000 untuk Gudeg komplit ayam biasa. hehehee …

Es Durian dan Gudeg Bu Hardjo

Penasaran nih, gudeg mahal bener ya? (secara ini cuma warung yang modal gerobak, bukan rumah makan). Ikutan ngantri deh … “Komplit ayam kampung” … ow ternyata emang enak. Bumbunya royal otentik Jogja gitu. Pas obrol obrol ma pelanggan, ya ampuuun ada yang rumahnya di Bogor. “Ya ampun bu, jauh banget”, “Ya sekalian, saya kan seminggu 2 kali ke Jakarta dan kalau makan Gudeg ya dari kecil selalu disini, nggak mau ditempat lain” … wow, dari keciiiil!!! hebat bener ya pesona Gudeg Bu Hardjo hehehe … nah, kalau penasaran, cobain deh, sapa tau bisa jadi pelanggan juga … soalnya rasa gudegnya emang Jogyes, alias Jogja banget.

Nah, di Cikini sini juga banyak tuh penjual jajanan pasar dan jajanan jadul. Mulai dari Bagelen, kue dollar, kue sagu dan aneka jajanan kuno bisa dibilang cukup lengkap disini.

Pengalaman di tulis oleh Catur Guna Yuyun Angkadjaja




%d bloggers like this: