Ada Surga Hijau di Bangka Belitung

Naaa …jika ke Pangkal Pinang Bangka, selain makanannya, tempat yang bakal membuat anda terperangah adalah proyek GO GREEN!!! Aduh aku lupa deh siapa yang memprakarsai, yang jelas di sana ada Om Hongky yang banting tulang mengawasi berjalannya proyek penghijauan lahan Bangka ini.

Hm .. kebayang gak sih Bangka yang habis di eksplor gara gara limpahan Timah nya??? Um… kalau inget LASKAR PELANGI (meski di belitong, tapi Bangka sebenarnya juga punya cerita hampir sama dengan belitong –tetangga broo) naaa begitu juga di Bangka. Alamnya aja di kerok ama ‘manusia’ lalu ditinggalkan begitu saja dalam keadaan tandus dus dus. Tapiiiiiiiii … look @ this picture …

Pembibitan terus dilakukan

Inilah proyek prestisius itu, proyek Go Green. Usai pulang dari sana, aku tunjukkan fotoku ketika berada di lokasi Go Green. Temenku yang asli Bangka sampai bilang “Ah itu bukan Bangka!!! Bangka nggak ada pohon rimbun begitu!!!”

Benar teman!!! Kawasan Go Green ini dikelola dengan jerih payah sapi, akhirnya menjadi suatu lahan subur. Presiden SBY waktu meninjau lokasi itu juga terkaget kaget. Karena di tanah tandus itu tumbuh subur padi organik yang gendut gendut.

Jadi, selama 3 atau 5 tahun yach lupa… pihak go green membeli puluhan sapi. Bukan untuk diambil susunya, bukan pula untuk dipotong dagingnya. Tapi cuma disuruh pup … ups maaf di suruh be ol .. aduh bahasa alusnya apa yach?? Disuruh e ek … eee kok jadi lebih jorok … ya intinya sapi cuma disuruh berak doang.

Naaa… kotoran sapi itu lantas di tebarkan keseluruh tanah… lalu disiram dan digemburkan begituuu terus sepanjang tahun … setelah tanah mulai menunjukkan kehidupan, dicoba ditanam tanam hingga akhirnya jadilah puluhan hektar perkebunan, persawahan dan kolam kolam dengan ikan yang hidup secara organik.

Segarnya Udara disini

Yuyun Panen Susu

Ferisa memerah susu

Kereeeen!!! Bangka jadi Hijau!!! Inilah lokasi yang mesti anda kunjungi ketika datang ke Bangka. Karena disini anda juga bisa menikmati susu sapi organik yang kedepan rencananya akan dibuatkan café untuk menikmati aneka maca olahan dari susu sapi organic yang jumlahnya sekarang udah berpuluh puluh dan semuanya suehat sehat gendut gendut minta ampun karena mereka memang dipelihara cuma buat beranak dan diambil kotorannya aja hehehee… enak bener hidup nih sapi hehehe… ups… maaf Tuhan, tapi aku nggak iri kok… aku tetep lebih seneng jadi manusia. Gimana? Kereeen yaaa … andai seluruh dunia melakukan hal yang sama,… ow indahnya duniaaa …

Penulis : Catur Guna Yuyun Ang
Instagram : @caturguna & @wisataseru
Email : [email protected]




8 comments

  • thank ya, sebagai orang bangka kami senag sekali dengan tulisannya…tapikayaknya gak perlu deh mandi dengan aqua. air Bangka bersih … dewi sandra aja mandi dengan air bangka tetap cantik. saya dari kecil bukan aja mandi makan minum pakai air bangka tetap sehat walafiat….

  • pit tjhan : wakakakaa hehehe tapi ini cerita sungguhan 😀 yaaa gak tau apa hotelnya aja yach yang air – nya kurang bagus … soalnya temen sekamarku juga mengalami hal yang sama dengan ku… kulitnya jadi gatal semua. terus ketika aku tanya sama om hongky, katanya emang airnya kurang bagus di bangka, jadi kalau orang bangka sendiri tiap rumah itu pake teknik apa gitu untuk airnya (pokoknya ada filternya) sehingga bisa bersih dan gpp … aman

    tapi karena waktu itu aku inep di hotel, jadinya mungkin hotelnya gak pake filter yang dimaksud, jadinya gitu deh 🙁 tapi asliiii bangka sangat indah 🙂 terutama proyek Go Green-nya bener bener bikin aku kagum kagum kagum kagum 🙂

  • Emg ddaerah mna tu….
    Yg arah ketapang tu bkan..
    Cz wktu w masih tggal dBgka..Daerh ktapang tu msih pross proyek go green’y ntu…

  • Pit tjhan : Bner bget..lbih dr stahun aq tggal dan hidup dbgka..bkan cm buat mandi duank kq..Buat minum&makan jga..Pi q masih shat” za ampe skrag…G gatel”..Tuch..
    Drumah kami d bangka dulu jg g pke filter”an sgla lho..Pi nyaman” z koq…

  • Lhye 🙁 hiks… apa artikelnya aku perbaiki yaaa dihapus bagian air yaaa … hiks maaf ternyata mungkin artikel ini menyakiti buat orang Bangka yaaa 🙁 tapi sungguh aku nggak bohong … itulah yang aku dan temanku alami ketika di Bangka …

    aku juga lupa ni di daerah mana nanti aku tanyain ke om hongky hehee 🙂 iya kayaknya ketapang situ deh … waaah lhye sekarang kalau kesana pasti udah keren banget ya … aku 2 tahun yang lalu ke sana aja udah kereeeen buanget … bener bener membuat aku terpesona dan kaguuuuum

  • ini botanical garden kalo gak salah… kalo ke Bangka gak lengkap kalo belum ke pantainya… n nyobain martabak bangka #promosi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: